web 2.0

Selasa, 09 Oktober 2012

5 Jenis obat yang bisa memperburuk kesehatan


Reporter: Fuad Rifa'i
Jumat, 5 Oktober 2012 15:34:00
5 Jenis obat yang bisa memperburuk kesehatan
Kategori Sehat Diagnosis

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan membeli obat-obatan sendiri, tanpa berkonsultasi secara medis. Kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Bukannya sembuh, sakit Anda malah semakin parah. Berikut adalah lima jenis obat umum yang bisa memperburuk kesehatan Anda, seperti dilansir Boldsky.

1. Pil tidur

Hampir semua jenis obat tidur bersifat sangat adiktif. Bahkan, obat ini bisa mengganggu fungsi otak lho. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi obat tidur semakin memperburuk kondisi kesehatan dan menyebabkan depresi.

2. Antasida

Antasida adalah obat yang umumnya digunakan untuk menetralkan asam lambung. Namun, konsumsi antasida bisa mengganggu sistem pencernaan alami tubuh lho. Selain itu, efek dari obat tersebut hanya bertahan sementara. Alhasil, rasa sakit Anda akan kembali dalam sekejap.

3. Obat batuk dan pilek

Hampir semua obat batuk dan pilek berbahaya untuk anak-anak. Obat ini dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Disamping itu, jenis obat tersebut juga memiliki efek samping yang bisa menyebabkan overdosis.

4. Obat sakit kepala

Setiap kali kita merasakan sakit kepala, saat itu pula kita minum obat pereda sakit kepala. Apakah itu efektif? Obat sakit kepala hanya memberi efek lega sementara, namun memiliki efek samping yang lebih buruk dalam jangka panjang. Cobalah memijat kepala atau merebahkan tubuh sejenak untuk mengusir rasa sakitnya.

5. Obat pereda depresi

Obat-obatan jenis ini mengubah beberapa daerah di otak, yang mengatur hormon seratonin dan kadar glukosa. Anda mungkin akan semakin merasa depresi dan memperburuk kondisi kesehatan.

Cobalah untuk menghindari obat-obatan kimia dan memilih pengobatan alami. Dengan cara ini, tubuh Anda akan tetap sehat dan lebih bugar. Eits..Jangan lupa berolahraga secara rutin ya.
[rif]

0 komentar:

Posting Komentar