web 2.0

Jumat, 12 Oktober 2012

5 Efek samping mengejutkan dari pil KB


Reporter:fuad rifai

5 Efek samping mengejutkan dari pil KB
Kategori Sehat Bugar
 


Alat kontrasepsi dan KB dibutuhkan untuk mencegah penularan penyakit seksual atau kehamilan. Namun tak banyak orang yang mengetahui efek sampingnya. Pil KB juga bisa memiliki beberapa efek samping, seperti dilansir oleh Health Me Up (11/10), berikut ini.
1. Sakit kepala
Setelah mengonsumsi pil KB, kemungkinan Anda akan mengalami sakit kepala. Ini bisa terjadi selama beberapa hari disertai kelelahan dan pusing. Jika sakit kepala tak kunjung menghilang selama beberapa hari, bahkan semakin memburuk, maka sebaiknya Anda mencari bantuan medis.
2. Mual
Mual adalah efek samping yang paling sering muncul, dan bisa berlangsung selama beberapa hari atau bahkan bulan. Cobalah konsumsi makanan sehat ketika makan pil KB untuk mengurangi gejala ini.
3. Penurunan gairah seksual
Pil KB biasanya bisa menyebabkan turunnya hasrat bercinta, karena produksi hormon estrogen ditekan dan berkurang.
4. Perubahan mood
Mood yang tidak stabil juga salah satu efek samping yang dirasakan ketika mengonsumsi pil KB. Anda bisa saja tiba-tiba merasa frustasi, marah, atau bahkan mudah kesal dengan ha-hal kecil. Jika ini terjadi, Anda harus sudah siap dan berusaha lebih sabar. Tarik nafas dalam dan lakukan hal-hal yang bisa mengubah mood Anda.
5. Sakit dan kram perut
Rasa sakit yang tiba-tiba muncul di daerah perut, mulas, atau kram juga sering muncul ketika wanita mengonsumsi pil KB. Terkadang ini bahkan diikuti dengan pendarahan hebat. Jika ini terjadi, istirahatlah dan makan makanan yang kaya protein.
Itulah lima efek samping yang bisa muncul jika Anda mengonsumsi pil KB. Jadi, jika mengalami hal-hal di atas, jangan panik, karena Anda sudah tahu bagaimana cara menanganinya.
[rif]

0 komentar:

Posting Komentar